Sosio Teknologi
Sosio
Teknologi adalah bidang kajian baru yang berusaha melihat pengaruh evolusi
teknologi dalam kehidupan sosial. Bersamaan dengan lahirnya postmodernisme,
orang mulai meninggalkan pembagian Aristotelian dalam disiplin ilmu, contohnya
dengan lahirnya kajian kompleksitas, teori pattern language dalam arsitektur
dan lain-lainnya.
SEJARAH SOSIO TEKNOLOGI INFORMASI (STI)
Sosio
teknologi itu membahas relasi antara kehidupan sosial dengan teknologi. Jadi
kita dapat mengetahui penerapan teknologi dalam kehidupan yang sebenarnya. Teknologi merupakan ungkapan suatu kebudayaan
tertentu dimana teknologi itu lahir. Di dalam produk teknologi itu embedded nilai-nilai, budaya, mistis,
moralitas, hingga kepada pola kerja, pola perilaku maupun pola
produksi. Maka dari itu, dalam transfer teknologi, pilihanpilihan
teknologi yang dilakukan harus mempertimbangkan sangat banyak faktor, terutama
dampak-dampak dari keberadaa barang asing tersebut di lingkungan barunya.
Menurut Filino Harahap
(Mangunwijaya, 1983) teknologi merupakan penerapan secara sistematis dari
pengetahuan-pengetahuan ilmiah untuk keperluan-keperluan praktis.
Pengetahuan-pengetahuan tersebut terakumulasi dalam kemampuan teknik dan
intelektual yang diaplikasikan secara praktis dalam menciptakan produk (barang
dan jasa) untuk keperluan umat manusia.
Sosioteknologi sendiri
mencoba menelaah lebih jauh tentang keterkaitan ataupun relasi antara manusia
dengan teknologi. Penelaahan ini berkaitan dengan implikasi yang ditimbulkan
teknologi terhadap segi-segi kehidupan dan penghidupan masyarakat –bagaimana
seharusnya mengelola dampak dan peran teknologi tersebut dalam meningkatkan
derajat kemasyarakatan di satu sisi, serta bagaimana seharusnya sikap dan peran
masyarakat dalam menerima fungsi teknologi itu di sisi lain (Sinaga, 2001).
PERKEMBANGAN
SOSIO TEKNOLOGI INFORMASI
Di bidang
bisnis baik perdagangan barang maupun jasa computer peranan teknologi informasi
akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun incidental
dan menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat. SIstem informasi
manajemen merupakan merupakan sistem
informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak di bidang
perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah, atau
perusahaan kecil. SIM dapat diterapkan pada semua tingkat atau level manajemen
yang ada yaitu manajemen tingkat atas (top management), manajemen tingkat
menengah (middle management), dan manajemen tingkat bawah (lower management).
Di perusahaan dagang seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kendali komputer sehingga mesin tersebut dapat dikendalikan oleh pihak manajer hanya dari ruang kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung laba rugi, inventaris, dan sebagainya.
Di bidang perbankan, salah satu solusi sistem informasi perbankan telah diperkenalkan oleh perusahaan besar seperti Hewlett-Packard (HP), yang bekerja sama dengan Infosys telah memperkenalkan solusi core banking, yang disebut Finacle kepada bank-bank di Indonesia. Finacle memberikan solusi bagi bank yang ingin melakukan up-grade terhadap sistem yang telah mereka miliki. Dengan menggunakan Finacle, up-grade sistem bisa dilaksanakan dengan resiko investasi maupun kegagalan migrasi yang rendah. Ini penting bagi bank-bank agar mampu menghadapi siklus bisnis yang selalu berubah. Dengan solusi terpadu ini – berupa software dan hardware, jaringan, sistem integrasi, serta opsi consulting dan outsourcing – bank juga akan memiliki nilai tambah sehingga menjadi lebih kompetitif.
Perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi kebijakan dan strategi dunia usaha perbankan yang selanjutnya lebih mendorong inovasi dan persaingan di bidang layanan terutama jasa layanan pembayaran melalui bank. Inovasi jasa layanan perbankan yang berbasis teknologi tersebut terus berkembang mengikuti pola kebutuhan nasabah bank. Transaksi perbankan berbasis elektronik, termasuk internet dan menggunakan handphone merupakan bentuk perkembangan penyedia jasa layanan bank yang memberikan peluang usaha baru bagi bank yang kerakibat pada perubahan strategi usaha perbankan, dari yang berbasis manusia (tradisional) menjadi berbasis teknologi informasi yang lebih efisien dan praktis bagi bank. Pada perusahaan jasa seperti perbankan komputer digunakan untuk menghitung bunga secara otomatis, transaksi on-line, ATM, dan sebagianya.
Komputer juga banyak digunakan untuk proses akuntansi, melakukan analisis keuangan, neraca, laba-rugi, dan sebagainya. Bahkan ada beberapa software yang secara khusus disediakan untuk operasi akuntansi. Di bidang perhotelan komputer digunakan untuk menentukan jumlah dan jenis kamar yang telah terisi dan masih kosong. Bahkan saat ini pada penjualan pertokoan kecil, usaha kecil dan menengah (UKM), apotek dan bermacam-macam usaha kecil lainnya juga telah banyak menggunakan komputer.
Di perusahaan dagang seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kendali komputer sehingga mesin tersebut dapat dikendalikan oleh pihak manajer hanya dari ruang kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung laba rugi, inventaris, dan sebagainya.
Di bidang perbankan, salah satu solusi sistem informasi perbankan telah diperkenalkan oleh perusahaan besar seperti Hewlett-Packard (HP), yang bekerja sama dengan Infosys telah memperkenalkan solusi core banking, yang disebut Finacle kepada bank-bank di Indonesia. Finacle memberikan solusi bagi bank yang ingin melakukan up-grade terhadap sistem yang telah mereka miliki. Dengan menggunakan Finacle, up-grade sistem bisa dilaksanakan dengan resiko investasi maupun kegagalan migrasi yang rendah. Ini penting bagi bank-bank agar mampu menghadapi siklus bisnis yang selalu berubah. Dengan solusi terpadu ini – berupa software dan hardware, jaringan, sistem integrasi, serta opsi consulting dan outsourcing – bank juga akan memiliki nilai tambah sehingga menjadi lebih kompetitif.
Perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi kebijakan dan strategi dunia usaha perbankan yang selanjutnya lebih mendorong inovasi dan persaingan di bidang layanan terutama jasa layanan pembayaran melalui bank. Inovasi jasa layanan perbankan yang berbasis teknologi tersebut terus berkembang mengikuti pola kebutuhan nasabah bank. Transaksi perbankan berbasis elektronik, termasuk internet dan menggunakan handphone merupakan bentuk perkembangan penyedia jasa layanan bank yang memberikan peluang usaha baru bagi bank yang kerakibat pada perubahan strategi usaha perbankan, dari yang berbasis manusia (tradisional) menjadi berbasis teknologi informasi yang lebih efisien dan praktis bagi bank. Pada perusahaan jasa seperti perbankan komputer digunakan untuk menghitung bunga secara otomatis, transaksi on-line, ATM, dan sebagianya.
Komputer juga banyak digunakan untuk proses akuntansi, melakukan analisis keuangan, neraca, laba-rugi, dan sebagainya. Bahkan ada beberapa software yang secara khusus disediakan untuk operasi akuntansi. Di bidang perhotelan komputer digunakan untuk menentukan jumlah dan jenis kamar yang telah terisi dan masih kosong. Bahkan saat ini pada penjualan pertokoan kecil, usaha kecil dan menengah (UKM), apotek dan bermacam-macam usaha kecil lainnya juga telah banyak menggunakan komputer.
Sumber :
2.
https://exaudian.wordpress.com/2014/10/14/sistem-sosio-teknologi/
3.
https://sundarinita.wordpress.com/2012/05/23/sosioteknologi/
What is the best tipster on Twitter to make money from - WorkPaperMoney
BalasHapusWho makes money from betting on football? งานออนไลน์ is an independent tipster septcasino who has achieved some incredible success, as well 바카라 as an interesting